Thursday, July 18

Italia Mengawali Euro 2024 dengan Kemenangan Sulit Atas Albania

BERITA SEPUTAR DUNIA BOLA – Pada pertandingan pembuka Grup A Euro 2024, Timnas Italia berhasil mengalahkan Albania dengan skor tipis 2-1 di Signal Iduna Park, Dortmund, pada Minggu (16/6/2024) dini hari WIB. Meski menang, Gli Azzurri harus berjuang keras untuk meraih tiga poin pertama mereka di turnamen ini.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan dimulai dengan kejutan dari Albania. Hanya dalam waktu 23 detik, Nedim Bajrami berhasil mencetak gol tercepat dalam sejarah Euro 2024. Gol tersebut terjadi karena kesalahan fatal Federico Dimarco yang melakukan lemparan ke dalam langsung ke arah Alessandro Bastoni. Bola berhasil direbut oleh Bajrami yang kemudian melepaskan tendangan keras tak terbendung oleh Gianluigi Donnarumma​.

Namun, Italia segera merespons. Pada menit ke-11, Alessandro Bastoni menyamakan kedudukan melalui sundulan kepala memanfaatkan umpan dari Lorenzo Pellegrini. Lima menit kemudian, Italia membalikkan keadaan melalui gol Nicolo Barella yang melepaskan tendangan keras menyambut bola liar​​.

Dominasi Italia dan Serangan Balik Albania

Setelah memimpin 2-1, Italia mendominasi penguasaan bola dan terus menekan pertahanan Albania. Di babak pertama, Davide Fratessi dan Gianluca Scamacca memiliki peluang yang nyaris memperbesar keunggulan, namun digagalkan oleh kiper Albania, Thomas Strakosha. Di babak kedua, dominasi Italia tetap berlanjut namun mereka gagal mencetak gol tambahan meskipun memiliki beberapa peluang emas​.

Albania tidak tinggal diam dan beberapa kali melancarkan serangan balik berbahaya. Mereka memasukkan beberapa pemain pengganti seperti Arber Hoxha, Qazim Laci, dan Rey Manaj untuk menambah daya serang. Pada menit ke-90, Albania hampir menyamakan kedudukan ketika Rey Manaj mengirim bola ke depan gawang, namun tidak ada pemain Albania yang berhasil menyambut umpan tersebut​.

Penampilan Menonjol Federico Chiesa

Meskipun tidak mencetak gol atau assist, Federico Chiesa terpilih sebagai man of the match. Selama 77 menit di lapangan, Chiesa tampil eksplosif dengan melepaskan tiga tembakan dan sukses dalam empat kali dribel melewati lawan. Pemain Juventus ini juga melepaskan dua operan kunci yang berkontribusi signifikan terhadap kemenangan Italia​.

Komentar Pelatih dan Susunan Pemain

Pelatih Italia, Luciano Spalletti, mengungkapkan kebahagiaannya atas kemenangan ini namun tetap mengingatkan timnya untuk tetap fokus dan bersiap menghadapi pertandingan berikutnya. “Kami sangat senang dengan hasil ini, namun kami harus tetap waspada dan bekerja keras untuk pertandingan selanjutnya,” ujar Spalletti.

Susunan Pemain Italia (4-2-3-1):

  • Gianluigi Donnarumma
  • Giovanni Di Lorenzo, Riccardo Calafiori, Alessandro Bastoni, Federico Dimarco (Matteo Darmian 83′)
  • Jorginho, Nicolo Barella (Michael Folorunsho 90′)
  • Davide Frattesi, Lorenzo Pellegrini (Bryan Cristante 77′), Federico Chiesa (Andrea Cambiaso 77′)
  • Gianluca Scamacca (Mateo Retegui 83′)

Susunan Pemain Albania (4-3-3):

  • Thomas Strakosha
  • Elseid Hysaj, Arlind Ajeti, Berat Djimsiti, Mario Mitaj
  • Kristian Asllani, Ylber Ramadani, Nedim Bajrami (Ernest Muci 87′)
  • Jasir Asani (Arber Hoxha 68′), Armando Broja (Rey Manaj 77′), Taulant Seferi (Qazim Laci 68′)​.

Dengan kemenangan ini, Italia sementara memuncaki Grup A dan menunjukkan bahwa mereka adalah salah satu tim yang harus diwaspadai dalam turnamen ini. Meski demikian, masih banyak yang perlu ditingkatkan oleh Gli Azzurri untuk melangkah lebih jauh di Euro 2024​​.

Ikut GRUP WA Info Bola Parlay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *